Penyekatan Mudik Berakhir, Pemudik Kembali ke Jakarta Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

JAKARTA - Penanewinvestigasi .Com~Operasi penyekatan dalam rangka mudik Lebaran 2021 akan berakhir pada Jumat (14/5/2021) kemarin. 

Hal ini disampaikan oleh Kepada Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. 

"Operasi penyekatan mudik berakhir malam ini yang ada di beberapa titik di tol maupun yang arah keluar Jakarta," kata Kombes Yusri kepada wartawan, Jumat (14/5). 

Berakhirnya operasi penyekatan ini, juga ditandai dengan kembali dibukanya jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek mulai malam ini. 

Diketahui, jalan layang tersebut ditutup sejak 6 Mei lalu dalam rangka pengendalian transportasi guna membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek 

"Flyover yang dari KM 10, tol layang MBZ itu mulai dibuka malam ini yang arah ke Cikampek," ucap Kombes Yusri. 

Kemudian, Kombes Yusri menyampaikan kepolisian akan melakukan pemeriksaan kendaraan dalam arus balik Lebaran mulai hari Minggu (16/5) mendatang. 

Kombes Yusri menegaskan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib untuk membawa surat hasil swab antigen dengan hasil negatif. 

"Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah di mana mereka mudik, diperlihatkan surat bebas covid 
titik pemeriksaan," tuturnya. 

Nantinya pemeriksan bakal dilakukan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Kemudian, pemeriksaan juga dilakukan di Pos Cikupa. 

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin. 

"Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19," ucap Kombes Yusri. 

Kombes Yusri mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan swab antigen di daerahnya sebelum melakukan perjalanan kembali ke Jakarta. 

Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pemeriksaan dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan. 

"Tapi kalau tidak ada kita akan buka drive thru dan random sampling untuk swab antigen, tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen," tutur Kombes Yusri.
Juga disampaikan bahwa utk masy Yg selesai melaksanakan mudik dan lolos dari penyekatan maka dilakukan kegiatan swab antigen di rumah2 oleh tenaga kesehatan berdasarkan hasil pendataan oleh RT, Bhabinkamtibmas dan babinsa serta juga semua Polsek diwilayah hukum polda metro jaya menyiapkan swab antigen gratis bagi para pemudik Yg sudah balik ke jakarta dan belum melaksanakan tes swab antigen selama operasi berlangsung, ini upaya Yg dilakukan Polda Metro jaya utk menekan penyebaran covid 19 di wilayah jakarta dan sekitarnya Ujar Yusri. Tutup (Eric)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUU Cipta Kerja Disahkan, Selamat Berpesta Kapitalis Asing*

Dumaris Pangaribuan, Sopir Angkot Yang Dibakar Hidup-Hidup di Cawang, IPM Ditahan

Dugaan Penyimpangan, Pemalsuan Keterangan, Penyelahgunaan Kewenangan, & Korupsi, UIN Watch melaporkan Rektor UIN Jakarta dan beberapa orang ke Polda Metro Jaya

Hati-Hati Terhadap Wartawan Bodrek yang tidak perna menulis berita

Respon cepat, Team tarsius polres Bitung yang di pimpin kateam tarsius Bripka Angky Koagow berhasil mengamankan kasus 303 perjudian.

Gadis cantik berdarah Rongkong, ini juarai Lomba Matematika tingkat Internasional di Malaysia

Aksi nekad dari pekerja tambang berujung kabur dan bawa mesin sedot nya terpotong potong Di bawa kabur oleh pemilik mesin sedot...

MENKUMHAM TELAH BLOKIR SK VERSI FAJRIANSYAH, KALAU ADA YANG GUNAKAN LAPORKAN

Terungkap, Motif Pemuda Bejad Aniaya Balita Di Tanggerang

BUPATI (PPK) DAN PyB KAB. SIGI MELINDUNGI ASN KORUPTOR