Seni dan Budaya Dua Hal Yang Tak Bisa Di Pisahakan, kata H. Alan Partimbang

*Seni dan Budaya Dua Hal Yang Tak Bisa Di Pisahakan, kata H. Alan Partimbang*

Garut. Penanewinvestigasi.com - Seni Budaya yang terpikir di benak kita adalah berbagai kerajinan tangan yang dihasilkan manusia. Seni dan budaya memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu dengan lainnya.

Karena di setiap karya seni ada kebudayaan yang khas dan pada setiap kebudayaan mengandung nilai seni yang indah. Begitu eratnya hubungan antara keduanya, sehingga sangat sulit jika kita membahasnya secara terpisah tentang keduanya.

Ada banyak sekali bentuk seni dan budaya yang ada di kehidupan kita walau mungkin sering tidak kita sadari.

Masih kata H. Alan Partimbang menjelaskan.”Seni Budaya Indonesia yang Mendunia diantaranya :

Batik
Alat Musik Angklung
Kesenian Wayang Kulit
Tari Reog Ponorogo
Tari Kecak
Tari Saman
Keris.

“Seni Budaya terdiri dari dua kata yaitu seni dan budaya, yang keduanya memiliki pengertian masing-masing yang perlu untuk kita pahami.katanya ke Penanewingestigasi.com. Minggu (07/03/2021) 

“Seni sebenarnya berasal dari bahasa sansekerta yaitu sani memiliki arti pemujaan, pelayanan atau persembahan. Sehingga selalu dihubungkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikenal dengan kesenian.

Namun juga ada yang berpendapat lain (Padmapusphita) bahwa kata seni berasal dari Belanda Genie yang dapat diartikan jenius. Jadi bisa disimpulkan seni itu merupakan kemampuan bakat yang dimiliki sejak lahir buah dari kejeniusan.

Kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddayah yang memiliki arti sesuatu terkait dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris budaya disebut culture berasal dari bahasa latin colore, memiliki arti mengolah atau mengerjakan. Jadi bisa disimpulkan budaya adalah hasil olahan atau pekerjaan budi dan akal manusia.

“Seni Budaya jika diartikan dari asal frasa katanya maka memiliki pengertian merupakan setiap karya seni yang dibuat secara sengaja. Pembuatannya berlandaskan kepada akal atau budi yang dimiliki sekelompok masyarakat yang kemudian turun temurun dari generasi ke generasi.

Yang Harus Dilestarikan Itu Peninggalannya Bukan Sifat Belandanya.
Nah, itu dia pengertian seni budaya jika ditarik dari asal mula kata yang membentuk frasanya. Banyak juga pengertian atau definisi yang diutarakan oleh para ahli di bidang seni dan budaya.pungkasnya.

Penulis : Kaperwil Jabar

Komentar